Selasa, 25 September 2012

Fasilitas Jaz Mirah Kampus Putih Universitas Muhammadiyah Malang

Ruang Kuliah

Ruang Kuliah Multimedia 

Sarana utama untuk kegiatan perkuliahan adalah ruang kelas. Setiap program studi sudah diberi data ruang kelas sesuai dengan jumlah mahasiswa, walaupun masih ada ruang kelas yang digunakan secara bersama baik dalam fakultas maupun antar fakultas.

Ada beberapa jenis ruang kuliah yaitu : ruang kelas biasa, ruang kelas multimedia maupun ruang kelas multimedia yang eksklusif. Fasilitas yang tersedia dalam ruang kelas multimedia adalah perangkat computer, LCD Projector dan peralatan audio. Beberapa ruang kelas multimedia sudah terkoneksi internet baik melalui kabel maupun akses hotspot.

Untuk menjamin berlangsungnya proses belajar mengajar yang baik dilakukan kegiatan monitoring melalui pemasangan CCTV di setiap ruang kelas. Kegiatan ini dilakukan oleh Badan Kendali Mutu Akademik (BKMA), yang terdapat monitor pemantau semua ruang kelas.
Ruang perkuliahan tidak hanya terdapat pada gedung-gedung perkuliahan, namun juga terdapat di tempat lain seperti masjid, perpustakaan, laboratorium bahkan di taman-taman di sekitar kampus. Adanya fasilitas hotspot memudahkan proses pembelajaran melalui e-learning sehingga perkuliahan tidak selamanya dilakukan di ruang-ruang kelas.
 PERPUSTAKAAN

UMM memiliki empat perpustakaan besar dengan ukuran total 5.586,72 M2.  Perpustakaan Pusat terletak di Kampus III. Perpustakaan ini terdiri dari tiga lantai dengan ukuran 4,690 M2. Perpustakaan Masjid AR Fachruddin terletak di Masjid AR Fachruddin Kampus (Kampus III) dengan ukuran 134,32 M2. Perpustakaan Kampus II terletak di Kampus II (Jl. Bendungan Sutami 188) dengan ukuran 750 M2.  Perpustakaan Pascasarjana terletak di Kampus I (Jl. Bandung No 1) dengan ukuran 120,4 M2. Selain itu, terdapat, masing-masing ukuran 64 M2.
Perpustakaan Pusat UMM telah dikelola dengan sistem digital library (digilib) yang terkoneksi dengan beberapa perpustakaan, baik perustakaan di dalam maupun luar negeri.Untuk Wilayah Jawa Timur baru ada
dua perpustakaan yang sudah mengembangkan digital library, salah satu diantaranya adalah Universitas Muhammadiyah Malang. Perpustakaan Pusat memiliki koleksi yang terdiri atas buku, koleksi majalah dan jurnal koran, CD installer, CD e-book, dan kaset.
Student Center

Student Centre (SC) merupakan pusat kegiatan mahasiswa. UMM memberi kebebasan yang seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk melakukan aktifitas dalam bidang organisasi, minat bakat dan penalaran.
Gedung ini didirikan di kompleks perkantoran Pembantu Rektor III yaitu terdiri dari 4 lantai. Lantai 1 digunakan sebagai kantor administrasi kemahasiswaan, sedangkan lantai 2 sampai 4 digunakan untuk perkantoran mahasiswa. Beberapa kantor yang ada antara lain kantor BEM, Senat mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Selain itu juga disediakan ruang sidang, musholla dan arena.
Keberadaan Student Centre ini sangat penting karena menunjang kemajuan mahasiswa khususnya pada aspek non akademik seperti keorganisasian, minat bakat, penalaran dan kegiatan penunjang lain. Sentralisasi perkantoran mahasiswa
memudahkan pengelolaan dan pengendalian yang sekaligus dapat meningkatkan hubungan antar mahasiswa dari fakultas yang berbeda. Selain  itu adanya SC diharapkan dapat meningkatkan prestasi mahasiswa baik prestasi akademik maupun non akademik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar